Helikopter Presiden Iran dan Menlu Iran Kecelakaan: Rusia Kirim Dua Pesawat Bantu Pencarian Presiden Iran

0
59
Foto: Ibrahim Raisi/ Presiden Iran: © Disediakan oleh KatadataKantor Berita IRNA
Pewarta: Arie I Editor: Ct80 I Senin (20/05)

BREAKINGNEWS- BERITA-DUNIA

IRAN-TEHERAN-Swaraproletar.id- Otoritas Rusia akan mengirim dua pesawat, satu helikopter dan 50 petugas evakuasi guna membantu pencarian helikopter yang membawa Presiden Iran Ibrahim Raisi. Ada dugaan helikopter terpaksa melakukan pendaratan keras di Iran barat laut.
Kantor Berita Tasnim melaporkan hal tersebut dengan mengutip Penasihat Presiden Rusia sekaligus Perwakilan Khusus Presiden untuk Kerja sama Internasional bidang Transportasi, Igor Levitin.
“Sesuai instruksi (Presiden Rusia) Vladimir Putin, dua pesawat canggih, satu helikopter dan 50 penyelamat profesional akan diterjunkan ke Kota Tabriz dalam waktu satu jam,” kata Levitin saat berbicara dengan Wakil Presiden Iran Mohammad Mokhber.
Kementerian Darurat Rusia, dikutip dari Sputnik, membenarkan informasi tentang keputusan Putin mengirim tim penyelamat Rusia ke Iran. Tim tersebut meliputi 47 spesialis, kendaraan segala medan (ATV) dan helikopter BO-105 untuk pencarian udara.
Kementerian menambahkan,  keberangkatan ke Kota Tabriz masih dipersiapkan.
Pada Ahad (19/5/2024), media Iran melaporkan sebuah helikopter yang ditumpangi Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian beserta rekan-rekan mereka mengalami kecelakaan di barat laut Iran. Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi lantas membenarkan kecelakaan tersebut.

Tim penyelamat sudah tiba di lokasi kejadian, namun operasi pencarian terhalang kondisi cuaca yang buruk, menurut laporan.

Helikopter yang Membawa Presiden Iran Ditemukan, Seluruh Bagian Hangus Terbakar

Puing-puing helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian ditemukan pada Senin (20/5/2024) di Azerbaijan Timur.

Pejabat Iran menyatakan, tim pencarian dan apenyelamatan dari Bulan Sabit Merah telah tiba di lokasi jatuhnya helikopter.

Sebanayak 73 tim penyelemat hadir di area pencarian helikopter.

Namun, harapan akan keselamatan Presiden Ebrahim Raisi sangat tipis, karena seluruh bagian helikopter hangus terbakar.

“Sayangnya, semua penumpang kemungkinan besar tewas dalam kecelakaan helikopter presiden Iran,” ujar pejabat itu, dikutip dari Sky News Arabia.

Diketahui, Raisi sedang melakukan perjalanan di provinsi Azerbaijan Timur Iran.

Menurut TV pemerintah, pendaratan keras terjadi di dekat Jolfa, sebuah kota di perbatasan dengan negara Azerbaijan, sekitar 600 kilometer barat laut ibu kota Iran, Teheran.

Belakangan, TV pemerintah menayangkannya lebih jauh ke timur dekat desa Uzi, namun rinciannya masih saling bertentangan.

Selain Raisi dan Hossein, helikopter itu juga mengangkut gubernur provinsi Azerbaijan Timur Iran, serta pejabat dan pengawal lainnya.

Senin dini hari, pihak berwenang Turki merilis apa yang mereka gambarkan sebagai rekaman drone yang menunjukkan apa yang tampak seperti kebakaran di hutan belantara.

Koordinat yang tercantum dalam rekaman menunjukkan kebakaran terjadi sekitar 20 kilometer selatan perbatasan Azerbaijan-Iran di sisi gunung yang curam.

TV pemerintah menayangkan gambar ratusan jemaah sedang berdoa di Kota Masyhad dan Qom.

Saluran utama televisi pemerintah menayangkan doa tersebut tanpa henti.

(Sumber: REPUBLIKA.CO.ID)

By Redaksi: swaraproletar.id@merahmerdeka

Artikulli paraprakDDP, Bukan Konflik Agraria: Anggota KMS dipolisikan, Julian: Pertanyakan BB TBS Raib diPolsek Pondok Suguh
Artikulli tjetërMengejutkan, Tokoh dua Desa Penyangga, Blakblakan soal PT. DDP & KMS: Tokoh muda Mukomuko turut buka suara Pasca Insiden Kamis 16 Mei

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini