Selisih Suara dengan PDIP Tipis, Pengamat Sebut Golkar Bisa Jadi Penguasa DPR

0
35
Foto: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan pidato politik saat Kampanye Akbar Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (9/4). Kampanye akbar dihadiri ribuan kader dan simpatisan Golkar se-Jabodetabek dan Bandung. (Liputan6 com/Angga Yuniar)
Pewarta: Arie I Editor: Ct80 I Kamis 15-02-2024
BERITA-Pemilu
NASIONAL,Jakarta –swaraproletar.idPartai Golkar berpotensi meraih kursi terbanyak di parlemen usai Pemilu 2024 meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih suara tertinggi hasil perhitungan suara.
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago meniliai, tingginya jumlah suara nasional biasanya diikuti jumlah kursi di Senayan yang juga akan tinggi. Tapi dalam dalam perhitungan suara KPU, meski perolehan suara PDIP unggul secara nasional, namun secara sebaran suara Partai Golkar lebih banyak di 15 provinsi, sementara PDIP hanya 9 provinsi.
“Sebetulnya memang menarik ya, Golkar jumlah suara nasionalnya biasa melewati jumlah kursi, memang terutama sebaran Golkar lebih merata ya. Yang pertama partai Golkar partai yang luar biasa untuk bisa mengambil kursi-kursi terakhir itu,” kata Pangi kepada Liputan6.com, Jumat (23/2/2024).
Sehingga tak menutup kemungkinan Partai Golkar akan mendapat kursi terbanyak di parlemen dan menjadi penguasa DPR meski suara PDIP lebih tinggi. “Jumlah suara sah nasional PDIP menang, tapi jumlah kursi Golkar menang bisa iya, bisa tidak,” ujar dia.
“Apakah kemudian melampaui kursi PDIP? Itu jadi tantangan tersendiri bagi Golkar,” imbuhnya.
Meski demikian, Pangi menilai tidak mudah melampaui jumlah kursi PDIP. Mengingat saat ini PDIP memperoleh 16,94 persen suara, sementara Golkar 15,02 persen.
“PDIP kan 17 anggaplah Golkar 15, berarti kan 2 persen, 2 persen itu kan sama dengan 4 juta lebih suara,” ujar Pangi.
Menurut Pangi, selisih hampir 4 juta suara sangat tinggi dan tak mudah untuk melampauinya. Hal itulah yang menjadi tantangan besar bagi Golkar. “Saya pikir enggak semudah itu juga,” Pangi menegaskan.
(Sumber: KOMPAS.com)
By Redaksi: swaraproletar.id@merahmerdeka
Artikulli paraprakHadir sebagai mitra Masyarakat, PT DDP salurkan CSR Bangun Halte dan jalan bersama Pemda, diapresiasi oleh DPRD.
Artikulli tjetërPemkot dan Bank Bengkulu Jalin Kerjasama Program Kartu Kredit Pemerintah Daerah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini