Media Vietnam sorot Kekalahan Vietnam dari Timnas Indonesia, melawan oman thailan berpeluang lolos

0
310
Foto: TIM Thailan
Pewarta: Arie I Editor: Ct80 I Minggu 21-01-2024
BERITA-OLAHRAGA
DUNIA, Hanoi– swaraproletar.id- Media Vietnam mempertanyakan kekalahan Vietnam dari Timnas Indonesia di laga Grup D Piala Asia 2023.
Vietnam takluk dari Timnas Indonesia 0-1 pada pertandingan di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Jumat (19/1/2023).
Gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat eksekusi penalti di menit ke-42 jadi penentu kekalahan Vietnam.
Media Vietnam Soha.vn, menegaskan timnas Vietnam terlalu terbuai setelah memberikan perlawanan saat kalah 2-4 dari Jepang.
“Sepertinya baik pelatih (Philippe) Troussier dan pemain Vietnam terbang terlalu tinggi setelah kalah 2-4 dari Timnas Jepang, hanya harus kalah melawan Indonesia,” tulis media tersebut.
Mereka menguraikan bagaimana situasi yang berujung pada hukuman penalti untuk tim Vietnam, biasanya sangat jarang terjadi.
“Kurang dalam semenit sebelum situasi itu, Indonesia adalah tim yang berteriak karena ngeri mengingat gelandang mereka nyaris melakukan bunuh diri atas cepatnya pendekatan (Nguyen) Quang Hai untuk menghalau operan  ke depan,” tulisnya.
“Namun keberuntungan menghampiri Indonesia ketika bola terlepas dari kaki Quang Hai, dan mencapai pemain berseragam putih (Indonesia), ketimbang (Pham) Tuan Hai,” katanya.
Mereka mengungkapkan hal itu juga menjadi alasan mengapa (Justin) Hubner, yang baru “dikalahkan” oleh Quang Hai, membuat keputusan tak biasa dibandingkan apa yang ia dan rekan setimnya lakukan sebelumnya.
Biasanya Timnas Indonesia menghindari tekanan untuk membawa bola ke lini tengah, namun Hubner melakukan tendangan panjang.
Saat itu pertahanan Vietnam siap mengambil posisi dengan tiga bek tersebar hanya untuk menandai (Rafael) Struick, meski memiliki keunggulan yang jelas.
Namun, (Nguyen) Thanh Binh tetap melakukan kesalahan dan membiarkan bola mencapai kaki lawan.
Menurut Soha.vn, yang terjadi selanjutnya sangat mengejutkan, ketika enam orang mengerumuni Struick, Thanh Binh malah menjatuhkan Struick.
Wasit pun kemudian menunjuk titik putih, dan Asnawi yang menjadi eksekutor sukses melakukannya.
Soha.vn pun menegaskan bahwa Vietnam terlalu terbuai usai laga melawan Jepang.
Bahkan usai kalah dari Samurai Biru, Troussier merasa yakin The Golden Star bisa meraih posisi kedua Grup D.
Itu juga yang menjadi alasan Troussier memainkan Quang Hai dan Tuan Anh, dengan harapan mencetak gol cepat saat lawan Timnas Indonesia.
Media Vietnam itu bahkan memuji pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, yang melakukan pencegahan sempurna untuk redam permainan sesama tim Asia Tenggara itu.
Piala Asia 2023: Hadapi Oman Minggu Malam Ini, Timnas Thailand Berpeluang Lolos
Foto: TIMNAS Thailand © Copyright (c) 2016 TEMPO.CO
Timnas Thailand berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 malam ini, Minggu, 21 Januari 2024. Mereka akan melaju bila menang saat melawan Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, dalam laga yang dimulai 21.30 WIB.
Tim Gajah Perang saat ini berada di puncak klasemen Grup F berkat kemenangan 2-0 atas Kirgiztan pada partai pembuka. Jika mampu menghajar Oman, poin mereka akan bertambah menjadi 6, dan di atas kertas sudah menggaransi satu tempat di fase gugur.
Meski demikian, para pemain Thailand layak waspada. Oman bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Pada pertandingan pertama, tim asuhan Branko Ivankovic itu sejatinya mampu memimpin hingga paruh akhir laga meskipun akhirnya tumbang 1-2 oleh Arab Saudi.
Mereka unggul lewat penalti Salah Al-Yahyaei di menit ke-14, dan baru kebobolan beruntun via Abdulrahman Ghareeb (78′) dan Ali Al-Bulaihi (90+6′). Pertahanan Oman yang sulit ditembus ini menjadi perhatian bek Thailand, Elias Dolah, jelang pertemuan malam nanti.
“Berkaca dari pertandingan sebelumnya, saya rasa kami sudah bermain bagus, bertahan maupun menyerang. Ini harus dipertahankan, dan terus bekerja keras agar siap untuk pertandingan berikutnya,” ujar pemain asing Bali United itu.
“Kita sudah lihat bagaimana Oman sangat disiplin dalam bertahan, jadi kami harus berjuang membongkarnya. Itu sebuah tantangan, tapi kami suka tantangan,” kata dia melanjutkan.
Timnas Thailand datang ke Piala Asia 2023 dengan sederet masalah. Mulai dari badai cedera, polemik mundurnya pemain dari skuad, hingga persiapan kurang matang. Namun, mereka justru menjadi wakil Asia Tenggara paling cemerlang sejauh ini. Dan, jika mampu mengalahkan Oman, bakal menjadi yang pertama lolos ke babak 16 besar.
“Ya, absennya banyak pemain kunci adalah masalah bagi tim kami. Tapi, itu juga membuka kesempatan untuk pemain lain unjuk gigi,” kata Elias Dolah.
“Teerasil (Dangda), misalnya, seorang legenda yang membuat kami nyaman di lapangan. Tapi, tanpanya, kami harus menemukan solusi. Thailand punya banyak pemain berkualitas, dan kami akan selalu bekerja keras memberikan yang terbaik,” tambah bek jangkung itu.
Thailand sejatinya mematok lolos ke babak 16 besar via jalur peringkat ketiga terbaik. Namun, jika melihat performa mereka, bukan tak mungkin tiket didapat sebagai juara Grup F atau minimal runner-up.
(Sumber: Tempo.co)
By Redaksi:swaraproletar.id@merahmerdeka
Artikulli paraprakLama diam, akhirnya Jokowi Angkat Bicara soal Isu 15 Menteri dari Kabinet
Artikulli tjetërUmumkan Awal Puasa dan Lebaran Lebih Awal, ini Alasan Muhammadiyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini