Daftar kuota Haji Kabupaten terus meningkat, “Widodo” Kemungkinan peluang penambahan kuota Jemaah Haji Mukomuko besar

0
245
Foto: H. Widodo, SH.I / Kepala Kantor Kemenang Kabupaten Mukomuko, Selasa (07/11)
Reporter: Bambang S I Editor: Ct80
MEDIANYA…PEMILU RAYA
BENGKULU-Mukomuko-Swaraproletar.id-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko menyatakan. Kuota Haji reguler sebanyak 167 jemaah yang didapat Kabupaten Mukomuko untuk penyelenggaran Haji tahun 2024, peluang besar ditambah. Penambahan kuota jemaah Haji tersebut, setelah  Indonesia kembali mendapatkan kuota tambahan untuk penyelenggara haji tahun 2024 sebanyak 20.000 orang jemaah.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, H. Widodo, SH.I, ketika dikonfirmasi Senin (6/11) mengatakan. Meski Indonesia mendapatkan tambahan kuota penyelenggaraan Haji tahun 2024. Namun pihaknya belum tahu berapa tambahan kuota Haji untuk Kabupaten Mukomuko.
“Kalau berapa tambahan kuota Haji untuk Kabupaten Mukomuko, kami belum tahu. Karena kami belum dapat kabar dari provinsi. Namun kalau melihatnya, ada peluang besar penambahan keberangkatan Haji dari jumlah yang kita dapatkan sekarang ini,” katanya.
Ditegaskan Widodo, kuota Haji untuk Kabupaten Mukomuko tahun 2024 sudah ditetapkan sebanyak 174 orang. Rincianya yaitu 167 kuota jemaah Haji reguler, dan 7 orang kuota tambahan yang hanya diprioritaskan untuk calon jemaah Haji lanjut usia (Lansia). Untuk kuota tambahan jemaah Haji lansia di tahun 2024, jumlahnya lebih banyak dibandingkan di tahun 2023 ini.BACA JUGA:Cegah Pernikahan Dini Giatkan Program Brus
“Kalau kuota tambahan jemaah Haji lansia tahun 2023, jumlahnya hanya ada 2 orang. Dan di tahun 2024, jumlahnya menjadi 7 orang. Artinya ada penambahan sebanyak 5 orang. Sedangkan untuk kuota murni jemaah haji, jumlahnya masih sama dengan tahun ini yaitu 167 orang,” ujar Widodo.
Setelah Kemenag Kabupaten Mukomuko mengetahui kuota jemaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun depan. Pihaknya menyusun jadwal kegiatan pelatihan manasik Haji. Widodo menginginkan, untuk kegiatan manasik Haji bisa dilaksanakan sebulan dua kali.
Mengenai lokasi kegiatan manasik, bisa di Kantor Kemenag Mukomuko mapun di masing-masing kecamatan yang ada di daerah ini. Khusus untuk jemaah Haji yang masuk kuota murni sebanyak 167 orang. Mereka akan diberangkatkan berdasarkan nomor urut pendaftaran. Sedangkan untuk jemaah Haji lansia yang masuk kuota tambahan, nanti akan dipilih mana jemaah Haji usianya yang paling tua.
“Jemaah Haji yang paling tua inilah nanti akan  kita masukkan dalam kuota tambahan untuk diberangkatkan di tahun 2024 mendatang. Meskipun  calon jemaah Haji itu masuk dalam urutan pendaftaran paling akhir. Ya harapan kami, kita dapat tambahan kuota Haji lebih banyak lagi untuk tahun 2024,” pungkasnya.
By Redaksi: KP-BO (SB: Radarutara.co)-Swaraproletar.Id-@merahmerdeka
Artikulli paraprakBerikan Penghargaan Kecamatan Kinerja Terbaik, “Sapuan” ini adalah sebagai motivasi untuk lebih maksimal dalam melakukan yang terbaik untuk Daerah
Artikulli tjetër180 Juta Anggaran RTH, bakal dialihkan oleh DLH untuk pelatihan khusus Analis 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini