Biden: Ancaman Putin Gunakan Senjata Nuklir Adalah Nyata

0
38
Foto: Joe Biden / Presiden Amerika Serikat, Minggu (05/11)
Reporter: Leo Poetra I Editor: Ct80
PROLETARKABAR DUNIA
AMERIKA-WashingtonSwaraproletar-Pengerahan senjata nuklir Rusia ke Belarusia ditanggapi sebagai ancaman nyata oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Presiden AS Joe Biden menegaskan bahwa ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir taktis adalah nyata.
Pernyataan ini dikeluarkan Biden beberapa hari setelah dirinya mengecam pengerahan senjata nuklir taktis Rusia di Belarusia. Pada hari Sabtu, Biden menyebut pengumuman Putin bahwa Rusia telah mengerahkan senjata nuklir taktis pertamanya ke Belarusia sama sekali tidak bertanggung jawab.
“Ketika saya berada di sini sekitar dua tahun lalu mengatakan saya khawatir sungai Colorado mengering, semua orang memandang saya seperti saya gila,” kata Biden kepada sekelompok donor di California. “Mereka menatap saya seperti ketika saya mengatakan saya khawatir Putin menggunakan senjata nuklir taktis. Itu nyata,” ujar Biden seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/6/2023).
Hadirnya senjata nuklir di negara sekutu Rusia itu dibenarkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Dia mengatakan, pekan lalu negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia, beberapa di antaranya disebutkan tiga kali lebih kuat dari pada bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.
Foto: Putin/ Presiden Rusia
Tindakan tersebut adalah langkah pertama Rusia dalam hal pengerahan hulu ledak semacam itu – senjata nuklir jarak pendek yang tak begitu kuat yang dapat digunakan di medan perang – di luar Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet.
Amerika sendiri menyatakan tidak berniat mengubah pendiriannya pada senjata nuklir strategis sebagai tanggapan atas pengerahan tersebut. AS pun belum melihat tanda-tanda bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan senjata nuklir.
Sebelumnya, Rusia menepis kritik Biden atas rencana negara itu untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di Belarusia, dengan mengatakan bahwa AS telah mengerahkan senjata nuklir semacam itu selama beberapa dekade di Eropa. Pengerahan senjata nuklir oleh Rusia diawasi ketat oleh Amerika dan sekutunya serta oleh China, yang telah berulang kali memperingatkan terhadap penggunaan senjata nuklir dalam perang di Ukraina.
By Redaksi: KP-BO-Swaraproletar.Id-@merahmerdeka
Artikulli paraprakGempa di Nepal, Ratusan Orang Tewas, korban diperkirakan terus bertambah
Artikulli tjetërHeboh Warga Bengkulu Temukan Telaga Biru di Tengah Kebun Sawit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini