Tak izin tumbang pohon sawit milik tetangga, warga Sido Makmur akan dipolisikan

0
172
Foto: Tanah Milik Evi yang diduga tempat terjadinya tindak perusakan Pohon sawit, Minggu (28/10)
Reporter: Bambang S I Editor: Ct80
PROLETAR…Hukum dan Kriminal
BENGKULU-Mukomukoswaraproletar.id- Seorang ibu Rumah Tangga (IRT) bernama Evi (47) warga Desa Sido Makmur Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Propinsi Bengkulu akan melaporkan seseorang yang berinisial Ti yang diduga telah melakukan tindak pidana perusakan barang orang lain.
Hal ini dilakukan Evi sebagai bentuk kekecewaannya terhadap Ti yang diduga telah menebang tanaman sawitnya tanpa alasan dan pemberitahuan sebelumnya. Atas tindakan yang dilakukan oleh saudara Ti ini, pemilik tanaman Evi tersebut telah merasa sangat dirugikan.
Kejadian ini menurut keterangan pemilik tanah saudari Evi terjadi pekan lalu tepatnya Sabtu (28/10), ketika ia melakukan pengecekan tanah kaplingan miliknya di Desa tersebut, ia kaget melihat salah satu pohon sawit yang berada dilahan miliknya itu telah tumbang.
Merasa aneh dengan kejadian itu ia mencoba mencari tau penyebab dan siapa orang yang telah melakukannya, betapa terkejutnya ketika ia tahu, kalau pohon sawitnya tersebut bukan ambruk oleh angin atau hujan seperti yang ia pikir sebelumnya, melainkan tumbang karena sengaja ditebang oleh tetangga yang tinggal bersebelahan dengan tanah kaplingannya itu.
Selang dua hari usai kejadian, menunggu niat baik dari saudara Ti ini tidak ada untuk menyelesaikan masalah ini dengan jalan baik-baik, ia lantas menemui Kades Sido Makmur sebagai pemilik wilayah TKP Dedi Suyadi, Sp untuk melaporkan, sekaligus untuk mencari solusi masalah yang sudah terjadi.
Dan pada kesempatan tersebut kades Sido Makmur memanggil saudara Ti yang diduga telah menebang pohon sawit miliknya itu, seterusnya saudara Ti dalam pertemuan itu telah mengakui melakukan perusakan pohon miliknya dengan alasan, sebagian dari dahan atau pelepah sawit miliknya itu masuk dalam pekarangan tanah Ti, dan sayangnya, pada pertemuan tersebut ia merasa Kades Sido Makmur yang ia harapkan bisa mencari jalan keluar masalah itu, menurutnya terkesan memihak kepada sipelaku, hingga tidak didapati jalan keluarnya.
“ Saya sangat merasa kecewa khususnya dengan Kades Sido Makmur, terlihat betul kalau ia memihak dengan si Ti ini, harusnya Kades ini bisa menjadi penengah untuk mencari jalan keluarnya, bagi saya bukan masalah nominal harga pohon sawitnya, tapi saya merasa seperti tidak dihargai sebagai manusia, kalau ia beradap dan beretika apa salahnya sebagai tetangga ia menemui saya untuk minta izin atau melapor masalah dahan sawit yang masuk dalam pekarangan tanahnya itu, kalau memotong dahan yang masuk kepekarangan dia itukan hak dia, kenapa harus ditebang pokok batangnya yang jelas-jelas milik saya,” Ujar Evi kesal.
Di tempat terpisah, Kades Desa Sido Makmur saat dikonfirmasi melalui WhatsApp terkait akan dilaporkannya saudara Ti ini, hanya menjawab singkat. “ya silahkan saja mas”.
Berdasarkan Pasal KUHP. antara lain, Orang yang menyuruh orang lain (pelaku) untuk merusak barang orang lain juga dapat dijerat Pasal 406 KUHP tentang perusakan atau Pasal 521 UU 2023 tentang perusakan dan penghancuran barang, sebagaimana pelaku perusakan yang melakukannya. Sebab, hal ini berkaitan dengan penggolongan pelaku tindak pidana dalam hukum pidana.
Adapun unsur-unsur dari Pasal 406 ayat (1) KUHP, yaitu: Barang siapa; Dengan sengaja dan melawan hukum; Melakukan perbuatan dan menghancurkan, merusakkan, membuat tidak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu; Barang tersebut seluruhnya atau sebagian adalah milik orang lain. Apabila semua unsur dalam pasal perusakan KUHP tersebut terpenuhi, pelakunya dapat dihukum pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan atau denda paling banyak Rp4,5 juta.
By Redaksi: KP-BO-Swaraproletar.Id-@merahmerdeka
Artikulli paraprakKekayaan 3 Cawapres yang Bertarung pada Pemilu 2024, Lihat perbandingannya
Artikulli tjetërDunia Dorong Upaya Gencatan Senjata antara Hamas-Israel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini