Dunia Dorong Upaya Gencatan Senjata antara Hamas-Israel

0
34
Foto: Aksi protes penduduk Gaza di wilayah pesisir Jalur Gaza, Jum’at (27/10)
Reporter: Leo Poetra I Editor: Ct80
PROLETARKABAR DUNIA
IINDONESIA-JakartaSwaraproletar.id-Negara-negara termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, Rusia dan negara-negara Arab pada Selasa (24/3/2023) mendorong upaya gencatan senjata dalam pertempuran antara militer Israel dan pejuang Hamas di Jalur Gaza.
Tujuannya adalah agar bantuan kemanusiaan dapat disalurkan kepada warga sipil Palestina yang terkepung. Pada Selasa malam, delapan truk berisi air, makanan dan obat-obatan memasuki wilayah kantong tersebut dari Mesir.
Para pemimpin dunia berupaya mencegah eskalasi kekerasan terbaru agar tidak meluas. Pertempuran telah terjadi lebih dari dua pekan. Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober 2023 dan menewaskan 1.400 orang di pihak Israel.
Presiden AS, Joe Biden, dan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, berbicara melalui telepon pada hari Selasa. Mereka menyetujui upaya diplomatik yang lebih luas dalam upaya menjaga kestabilan kawasan.
FOTO: Derita Anak-anak Gaza
“Mereka menyetujui diplomasi yang lebih luas untuk menjaga stabilitas di seluruh kawasan dan mencegah konflik meluas”, lapor The Straits Times mengutip Gedung Putih.
Bentrokan mematikan semakin intensif antara militer Israel dan warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki. Bersamaan dengan itu, Israel dan kelompok Hizbullah yang didukung Iran juga bentrok di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.
Konflik yang lebih luas akan membahayakan keamanan di kawasan yang merupakan kunci pasokan energi global.
Sementara itu, Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani,, mengatakan kepada Dewan Keamanan pada hari Selasa bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyalahkan Iran atas perang Israel-Hamas.
“Komitmen kami terhadap perdamaian dan stabilitas regional tetap teguh. AS semakin memperburuk konflik dengan secara terang-terangan memihak agresor dengan mengorbankan penduduk Palestina yang tidak bersalah,” ungkapnya.
By Redaksi: KP-BO (Sumber: IDN Times) -Swaraproletar.Id-@merahmerdeka
Artikulli paraprakTak izin tumbang pohon sawit milik tetangga, warga Sido Makmur akan dipolisikan
Artikulli tjetërHabib Luthfi Sebut calon wakil Presiden yang tepat untuk Prabowo, dan ini alasannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini