Ganjar-Mahfud ke KPU menggunakan mobil terakhir Soekarno

0
973
Foto: Mobil Cadillac yang disebut akan ditumpangi Ganjar-Mahfud dari Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023).
Penulis: Topan Aa / Editor: Ct80
Media…Pemilu Raya
NASIONAL/Jakarta -Swaraproletar.id-Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, rencananya bakal mendaftarkan diri ke KPU hari ini, Jumat (19/10) siang. Keduanya bakal berkumpul dulu di Tugu Proklamasi, Jakarta, sebelum akhirnya berangkat bersama-sama ke KPU.
Uniknya, Ganjar dan Mahfud bakal ke KPU dengan menumpangi mobil antik Cadillac Fleetwood 75 Limousin yang dulu merupakan kendaraan dinas terakhir Presiden Sukarno.
Meski pernah jadi kendaraan kepresidenan, sekarang mobil tersebut dimiliki salah satu kolektor mobil setelah dilelang oleh Sekretariat Negara pada 1975 silam.
Dilihat dari segi ukuran, mobil Cadillac Fleetwood 75 Limousin ini tergolong cukup besar. Panjangnya mencapai enam meter dengan gaya khas mobil-mobil Amerika zaman dulu yang meruncing di bagian belakang.
“Ya benar [mobil dinas Sukarno],” kata Staf Khusus Menko Polhukam Mahfud Md, Imam Marsudi saat dikonfirmasi.
Foto: Mobil Cadillac yang disebut akan ditumpangi Ganjar-Mahfud dari Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023).
Mobil ini juga memiliki kapasitas yang cukup besar, 7.000 cc. Dengan kapasitas yang besar, mobil produksi 1964 itu bahkan masih mampu digeber jarak jauh.
Tempat duduk di dalamnya menggunakan jok panjang, bahkan di bagian depan. Sehingga tempat duduk pengemudi menyatu dengan tempat duduk di sebelahnya.
Yang unik lainnya, posisi setir mobil ini masih di sebelah kiri, berbeda dengan mobil-mobil di Indonesia yang menggunakan setir kanan.
Seperti mobil limousin pada umumnya, ruang kabin belakang sangat lapang, bahkan penumpang bisa meluruskan kaki sambil duduk setengah berbaring di jok. Di jok belakang, bagian kiri dan kanannya dihiasi logo Garuda Pancasila yang jadi simbol bahwa mobil ini adalah kendaraan kenegaraan.
Meski tergolong mobil tua, mobil ini sudah dimodifikasi menjadi matic. Selain beberapa bagian seperti girboks dan kaki-kaki yang sudah direstorasi, sisanya masih asli.
Kini mobil tersebut digunakan lagi untuk membawa Ganjar-Mahfud mendaftarkan diri ke KPU. Keduanya bakal dikawal ole seluruh komponen dari masing-masing partai pengusung yakni PDI-Perjuangan, PPP, Perindo, Hanura, hingga jajaran para relawan.
By Redaksi: KP-BO-Swaraproletar.Id-@merahmerdeka
Artikulli paraprakJumpa Pers Depan KPU: Anis Singgung pesimistis publik atas pencalonannya
Artikulli tjetër“NEKAT” Perjuangkan hak Pedagang kecil, Rozi APKLI “SERANG” Dapil 3 Kota. Ini Profilnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini