LemKoPI Rilis 10 nama Balon Bupati Mukomuko ”SPN teratas” 4 nama Potensi “Keringatkan” Incumbent

0
796
Foto: Bakal Calon Bupati Mukomuko 2024. Senin (18/09)
RILIS SURVEI: Oleh: LemKoPI-Nusantara
Media…Pemilu Raya
BENGKULUMukomukoSwaraproletar.id-Riuh pesta politik tak lama lagi akan segera terdengar menggema diseantero pelosok hingga pedesaan terdalam diNegeri ini, Tahapan demi tahapan sedang dipersiapkan dengan matang oleh panitia penyelenggara agar dipastikan pesta ini bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang diamanahkan UUD’45.
Dalam Sejumlah survei oleh Lembaga-lembaga Sosial yang dilakukan baik melalui Poling, RDD maupun tatap muka secara langsung Periode terbaru, Bupati Mukomuko saat ini H Sapuan masih mengungguli beberapa kandidat yang dipasang sebagai kompetitornya untuk Bakal Calon Bupati Mukomuko 2024 mendatang.
Hasil jajak pendapat terkait Tingkat kepuasan Publik terhadap kebijakan Kepala Daerah Incumbent, dan Tingkat Popularitas dan Elektabilitas Bakal Calon Kepala Daerah Se-Propinsi Bengkulu menuju Pemilu Raya 2024 ini, Dikeluarkan Lembaga Koalisi Proletariat Independent (LemkoPI-Nusantara) bekerjasama dengan sejumlah Organisasi Media, LSM dan Komunitas Mahasiswa beberapa perguruan tinggi diPropinsi Bengkulu, saat ini telah selesai melakukan Sesion Pertama untuk Bengkulu Satu meliputi Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Benteng dan Mukomuko.
Dirilis pada Minggu (17/09), target populasi survei LemKoPI-Nusantara adalah warga Kabupaten Mukomuko yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 % dari total populasi Daerah. Survei dilakukan pada 01 Juli hingga 10 September 2023.
Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yakni, teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ± 2.8 % pada tingkat kepercayaan 95 %, Asumsi simple random sampling.
Responden diberikan pertanyaan: Bagaimanakah pendapat Ibu/Bapak tentang kebijakan Bupati saat ini? Pilihannya: Biasa saja-Puas-Sangat puas. Dan Jika pemilihan Bupati diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Bupati Mukomuko di antara nama-nama berikut?
Tingkat Kepuasan Publik atas kebijakan Bupati Mukomuko H. Sapuan Versi LemKoPI-Nusantara:
Biasa saja: 19,5 %
Puas: 37,2%
Sangat Puas: 13,7 %
Tidak Ada Pilihan: 29,6 %
Bakal Calon Bupati Mukomuko teratas Versi LemKoPI-Nusantara:
Sapuan: 19,1 %
Khairul Huda: 17,5%
Muharamin: 9,2 %
Ali Saftaini: 6,7 %
Edwar Setiawan: 6,2 %
Wasri: 4,1 %
Badrun Hasani: 3,5%
Eman Motor: 1,5%
Novianto: 0,3%
Nursalim: 0,6 %
Tidak Ada Pilihan: 31,3 %
Arianto Melanjutkan, “Sapuan mengalami peningkatan dari Survey sebelumnya 13,3 % pada Maret hingga Juni 2023 lalu menjadi 19,1 % pada September ini. Nama Khairu Huda juga mengalami peningkatan yang sebelumnya 11,2 % menjadi 17,5 %.
“Yang menarik dari survey terbaru LemKoPI-Nusantara kali ini adalah: Ada nama baru yang tidak masuk dalam Survei sebelumnya Yakni Edwar Setiawan, yang pada survey kali ini mampu masuk dalam Lima Besar dibawah Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko Ali Saftaini, SE.
Berdasarkan Tren, Menurut Arianto atas pendalaman kajian hasil survey oleh TIM, ada beberapa alasan nama Sapuan mengalami peningkatan pada periode ini, antara lain: Peningkatan kinerja, baik Program baru, maupun janji politik yang diperlihat dan dibuktikan Sapuan pada akhir-akhir masa jabatan nya ini, mulai dari pendirian Rumah sakit baru, Pembangunan kembali Rumah Adat Beni Alam Mukomuko, Dana Inpres, Pakaian sekolah gratis, berkurangnya keterlibatan keluarga dalam keputusan dan kebijakannya, intens untuk turun kelapangan, kembali menjaga komunikasi yang baik  dengan Masyarakat inilah diantara alasannya,
Hati-hati untuk Incumbent, Tingkat kepuasan Publik atas kebijakannya masih sangat rendah, perlu Evaluasi kembali, ada empat nama yang harus dierhitungkan yakni, Khairul Huda mantan Bupati sebelumnya yang masih  memiliki kantong-kantong masa, Muharamin yang memiliki masa Riel terbukti tak tertandingi berapa periode hingga sekarang masih bercokol di DPR Propinsi, Ali Saftaini, ketua DPRD sekarang hampir sama dengan Muharamin soal kantong massanya, dan Nama baru Edwar Setiawan seorang pengusaha muda, yang memiliki darah Selatan Ipuh dan dan Utara Lubuk Sanai. Huda-Muharamin, Ali-Edwar, Edwar-Ali, Huda-Edwar atau Muharamin-Edwar Tiga nama ini bisa saja berpotensi membuat “LITAK” Incumbent nantinya,” tutup Arianto.
By Redaksi: KP-BO-Swaraproletar.Id-@merahmerdeka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here