Fasilitasi Kegiatan Sosialisasi Beasiswa Pendidikan SDM Perkebunan Kelapa Sawit PT. DDP Apresiasi MAN 1 Mukomuko

0
73

Mukomuko-swaraproletar.id – Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, mengelar kegiatan Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) Tahun Ajaran (TA) 2023.  Dengan Jumlah penerima beasiswa sawit tahun ini meningkat 100% menjadi 2.000 peserta di tahun ini, dari pada tahun 2022 sebanyak 1.000 penerima.Tahun ini jumlah calon penerima beasiswa ditambah menjadi 2.000 orang yang tersebar di 13 lembaga pendidikan. Jumlah ini dari tahun 2022 yang hanya 1.000 orang.

 

Berlokasi di MAN 1 Mukomuko kegiatan sosialisasi Beasiswa Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) Perkebunan Kelapa Sawit dilaksanakan Rabu pagi (31/5/23).

 

Turut hadir TIM  Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI, Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, General Manager PT DDP, Pihak Politeknik CWE , Sekcam Ipuh bersama Kasi KLH , Kepala SMA/ MA sekabupaten Mukomuko, Kepala Desa serta tamu siswa-siswi yang berasal dari berbagai sekolah, Rabu (31/5/23).

 

TIM  Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian RI, Tulus Trimargono, SP., MP selaku narasumber mengatakan Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas dari 144 komoditas yang ada. Kelapa sawit memiliki peran yang sangat besar yaitu penyumbang devisa, penyedia bahan bakar, ikut andil dalam melestarikan lingkungan dari Aceh sampai dengan Papua serta merupakan mata pencarian bagi petani kelapa sawit,”ucapnya

 

Lebih lanjut, Tulus menjelaskan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI dengan dukungan pendanaan Badan Pengelelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah membuka seleksi Nasional Beasiswa SDM perkebunan sawit tahun 2023 kegiatan kita hari ini mensosialisasikan program tersebut ke setiap Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, yang bertempat di Sekolah SMA / MA “jelasnya.

Senada General Manager PT DDP, H. Ali Nasri Purba mengapresiasi kegiatan sosialisasi Bea Siswa Pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) Perkebunan Kelapa Sawit yang dilaksanakan di MAN 1 Mukomuko,

“Kegiatan ini adalah program edukasi bagi masyarakat terkait program bea siswa yang  akan dilaksanakan di tahun 2023, ‘ujarnya.

 

Masih dalam kesempatan Kepala MAN 1 Mukomuko, Nursyamsiah.M.Pd mengungkapkan kegiatan sosialisasi beasiswa sangat dinanti semua siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya. Dengan harapan prospek kerja terkhusus di Perusahaan Kelapa Sawit dapat didapatkan,” ucapnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,TIM Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, TIM Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Sekdis Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sekcam Ipuh, Kasi KLH Kecamatan Ipuh, Forum Kepala Desa, Kepada sekolah dan siswa/i serta tamu undangan lainnya.

 

Diketahui BPDPKS membuka jalur pendidikan vokasi antara lain DI, DII, DIlI dan DIV dan Akademik (Strata 1) yang tersebar di 13 lembaga pendidikan yang lulus sebagai penyelenggara program beasiswa pendidikan pengembangan SDM PKS TA 2023. Di tahun ini, 13 lembaga pendidikan yang resmi menjadi penyelenggara beasiswa sawit yaitu Akademi Komunitasi Perkebunan – Yogyakarta, Politeknik Lembaga Pendidikan Perkebunan – Yogyakarta, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi – Bekasi, Politeknik Kampar – Riau, Institut Teknologi Sawit Indonesia – Medan, Institut Teknologi Sains Bandung, Universitas Prima Indonesia -Medan, Institut Pertanian STIPER – Yogyakarta, Sekolah Vokasi IPB, Politeknik ATI Padang, Politeknik Teknologi Kimia Industri, Politeknik Aceh, Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, dan Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan. Beasiswa ini ditujukan kepada pekebun, keluarga pekebun, karyawan pada usaha perkebunan, keluarga karyawan pada usaha perkebunan, ASN/PPPK yang bertugas di perkebunan serta anggota/pengurus lembaga pekebun.

 

Ada 5 kriteria peserta Beasiswa SDM Sawit Tahun 2023, yaitu:

 

1. Pekebun & Keluarga (Anak/Istri/Suami) Pekebun Kelapa Sawit

 

2.Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit

 

3. Keluarga (Anak/Istri/Suami) Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit

 

4.Pengurus, Anggota Koperasi/Lembaga yang Bergerak di bidang usaha budidaya, pengolahan, dan/atau jasa perkebunan kelapa sawit

 

5.Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

 

Seleksi Nasional Beasiswa SDM Perkebunan Kelapa Sawit 2023 Dapat di akses dilaman:

 

Pewarta/Editor: Topan Idil Fitri

Artikulli paraprakMenyoal konflik perusahaan, kepolisian diminta sedikit lebih tegas
Artikulli tjetërLagi-lagi PN Mukomuko adili kelompok Maju Bersama dalam tindak pidana pencurian TBS PT. BBS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini