Gema Manuver politik Bacaleg, LemKoPI-Nusantara Publish hasil survey terbaru Linggau Selatan 1

0
258

Penulis Topan Aidil Adha | Editor kadarsih Lesmana

Sumsel, Swaraproletar.id – Lembaga Koalisi Proletariat Independent (LemKoPI-Nusantara) Kembali merilis hasil survey terbaru beberapa tokoh yang bakal maju menjelang perhelatan Akbar Pemilihan umum (pemilu) Calon Legislatif DPRD kabupaten, kota dan provinsi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

LemKoPI-Nusantara menyebut, hasil survey dan identifikasi awal untuk bakal calon legislatif dibeberapa daerah sudah mulai terjadi geliat peningkatan popularitas maupun elektabilitas yang drastis naik, ini dikarenakan bacaleg sudah mulai berlahan melakukan manuver politik dengan mengsosialisasi pengenalan diri masing-masing kandidat melalui media sosial, maupun media massa lainnya, hal ini tentunya nanti persaingan akan semakin sengit ketika sudah masuk pada hasil verifikasi penetapan calon tetap ujar Direktur Eksekutif LemKoPI-Nusantara Arianto Amiruddin Poetra saat dihubungi swaraproletar.id Sabtu (23/05/2023). 

Pria yang akrab disapa Ari ini menyatakan, “ survei ini dilaksanakan pada periode Januari pasca penyerahan kelengkapan syarat pencalekan 05 Januari lalu, hingga Bulan Mei Pasca penyerahan berkas bacaleg DPRD ke KPU berakhir 20 Mei 2023, Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 650 responden dari 7 Desa dan Kelurahan dalam Wilayah Daerah Pemilihan Linggau selatan satu, yang merupakan warga dengan hak pilih berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah. Margin of error survei berada di 1 % dengan tingkat kepercayaan 95 %. 

Lanjut Ari, kami mengukur tingkat popularitas hingga elektabilitas Bacaleg ini dari 9 nama tokoh yang maju sebagai bacaleg masing-masing dari 9 Partai besar peserta pemilu 2024 mendatang di Dapil tersebut, dan terdapat satu nama kandidat yang juga adalah seorang akademisi dari partai demokrat H. Ir. Mansyur Husin, M.Si, berada diposisi teratas dengan persentase perolehan sementara 18,6 %, sedangkan 8 orang lainnya berpariasi dari mulai 14 % hingga 4,4 %.

Diketahui dari hasil survey ini, responden menyukai kandidat saat ini tidak lagi berfikir hanya pada tingkat kepopuleran dan hubungan kedekatan saja, namun alasan mereka juga lebih pada program baru dan berjangka Panjang serta masuk akal. 

H. Ir. Mansyur Husin, M.Si contohnya, ia mengusung program ”UMKM naik kelas, peningkatan kompetensi pengangguran tuntas” program ini sangat meyakinkan, dengan melihat prospek UMKM dikota lubuk linggau saat ini SDM nya masih sangat terbatas baik untuk pemasaran, kemasan maupun promosi hasil usaha, padahal kita tau PAD kota lubuk linggau itu sendiri bersumber dari kota jasa baik itu perdagangan, perhotelan, reklame dan lain-lain, begitupun dengan angka penganggurannya saat ini masih sangat tinggi, ini perlu perhatian khusus dan menjadi Pekerjaan Rumah berat kedepannya bagi seluruh stakeholder yang ada.    

 

Dan survey tingkat popularitas dan Elektabilitas ini selanjutnya akan dilakukan oleh LemKoPI-Nusantara setiap 3 sampai 4 bulan sekali untuk di publish hingga hari H pencoblosan.

Artikulli paraprakAlumni GMNI itu Calon Presiden RI 2024
Artikulli tjetërTanggapi soal aksi penghadangan oleh sekelompok orang di area perkebunan PT. DDP, ini penjelasannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini